Mengenal Bermacam Tombol Dan Fungsinya Pada Kamera DSLR Canon

Posted on

Bagi photographer, menggunakan DSLR ialah santapan mereka sehari-hari, hampir berbagai type dan merk camera dikontrolnya. Pada dasarnya, camera DSLR tipe apapun mempunyai konfigurasi yang hampir sama, yang membedakan kadang cuma beberapa fitur tertentu.

Beberapa tombol fungsinya tak jauh berbeda antara satu merek dengan merek yang lain. Cuma bagaimana photograper jago-piawai menggunakannya.

Nah berbicara soal tombol pada Camera DSLR, ini merupakan hal dasar untuk bagi para photograper yang wajib dikontrol. Tetapi bagi para pemula, puluhan tombol pada camer DSLR masih jadi persoalan yang ruwet. Asal pencet akan berimbas buruk pada kwalitas gambar yang diwujudkan.

Untuk itu penting rasanya mempelajari tombol-tombol ini. Disini kita akan bahas bermacam-macam fungsi dasar dari berbagai tombol pada Camera DSLR Canon 600D. Lantas saja.

1. Built-in Flashlight

Fungsi dari flashlight atau lampu flash tentu saja sebagai penerangan utama.

Lampu flash akan keluar dengan sendirinya apabila memakai mode otomatis. Meskipun untuk mode-mode manual lain, pengguna dapat mengendalikan secara manual pemakaian Flashlight ini.

2. Red-eye reduction
Seandainya kau pernah melihat foto orang dengan kornea mata berwarna merah, hal itu disebabkan karena refleksi pembuluh darah dampak iluminasi flash.

Persoalan hal yang demikian dapat dihilangkan dengan adanya fitur Red-eye reduction pada camera. Fitur ini akan bekerja secara otomatis 1-2 detik sebelum gambar diambil.

3. Thumb Wheel
Dengan Thumb Wheel kau bisa memilih berjenis-jenis modus pemotretan Tombol yang berfungsi untuk mengendalikan modus pemotretan.

Dengan bermacam-macam fitur advance yang dapat kamu atur sendiri sesuai selera. Pada artikel berikutnya, kita akan bahas mengenai fitur-fitur fotografi pada Thumb Wheel ya.

4. Display
Dikala kau menggunakan mode manual setting, layar akan menampilkan informasi setting mengenai mode tersebut.

Tetapi seandainya kau tak mau menonjolkan kabar hal yang demikian, kamu dapat menekan tombol Display untuk mematikan layar.

5. Main Dial
Fungsi utama dari Main Dial adalah untuk mengontrol tinggi rendahnya aperture dan shutter speed. Tapi bisa juga diterapkan untuk pengontrolan lain, seperti mengatur AF point.

6. Shutter
Inilah tombol dari semua tombol pada sebuah camera. Dikala anda akan mengabil gambar karenanya anda harus memencet tombol shutter.

7. Grip
Grip merupakan pegangan kamera yang terlihat pada komponen kanan kamera.

Komponen hal yang demikian memang didesain menonjol agar sang pengguna bisa dengan nyaman mengontrol kamera ketika akan mengerjakan aktivitas fotografi.

8. Tombol Lensa
Tombol ini berfungsi untuk melepas lensa sekalian mengunci lensa sesudah terpasang pada body kamera.

9. Lensa Camera
Tanpa lensa, gambar tak akan tertangkap oleh camera. Untuk type DSLR, lensa mempunyai fitur yang lengkap dan dapat diganti layak keperluan pengguna.

10. Manual and Automatic Focus Setting
Salah satu Kelebihan pada camera DSLR yakni dapat disettingnya manual atau automatis fokus setting pada lensa. Dengan fitur ini, pengguna diberi kebebasan untuk memilih mode focus pada object. Sayangnya tak segala macam lensa mempunyai fitur ini.

11. Tombol Flash
Untuk manual mode pada camera, flashlight juga harus diaktifkan secara manual. Kau dapat menekan tombol flash untuk membuka dan mengaplikasikan flashlight secara manual.

12. Viewfinder
Via viewfinderlah fotografer membidik object mereka. Untuk menentukan konsentrasi. Pada DSLR Camera viewfinder terhubung seketika dengan lensa utama.

13. Monitor LCD
Berfungsi untuk menampil seluruh info camera, setting, fitur, sampai hasil akhir foto dapat diamati dan dikontrol segera lewat LCD.

14. Tombol Navigasi
Tombol yang berfungsi untuk menggerakkan atau mengontrol kamera saat memandang gambar yang sudah anda ambil sebelumnya.

Tombol navigasi hadir dalam 3 wujud berbeda adalah scroll, analog dan tombol 4 arah lazim.

15. Tombol AV
Tombol AV atau singkatan dari Aperture Value merupakan tombol yang berfungsi untuk mengatur aperture. Aperture adalah bukaan diafragma yang ada pada lensa kamera.

Biasanya nilai aperture ini ditandai dengan “f/angka”.

Kita ambil contoh misalnya f/22, f/11 dan seterusnya. Lalu apa pengertian huruf f dan angkanya ? Nah kini yang jadi pertanyaan lanjutan ialah apa arti huruf f/ beserta angka dibelakangnya itu?

Angka sesudah huruf f/ ialah nilai dari bukaan lensa atau diafragma pada lensa.

Semakin besar angka dibelakang f/ hal hal yang demikian akan berdampak terhadap bukaan lensa yang akan kian kecil dan begitupula sebaliknya.

16. Tombol Fn/Q
Tombol ini berfungsi untuk membatasi white balance atau metering. White balance mempunyai fungsi agar objek yang berwarna putih benar-benar menjadi nampak putih.

Dalam dunia fotografi hal tersebut dijalankan dengan mengerjakan kompensasi akibat warna cahaya di bawah lingkungan pengambilan gambar.

Perlu anda kenal bahwa sinar yang berbeda mempunyai warna dan karakteristik yang berbeda pula.

Kita ambil contoh pada cahaya lampu pijar yang mempunyai warna yang kekuningan, dan sinar matahari pada hari berawan memiliki sedikit warna kebiruan.

Mata kita juga dapat mengerjakan kompensasi secara otomatis menurut konsep ” objek yang berwarna putih semestinya tampak putih.

Melainkan lain halnya dengan kamera, dimana tergantung pada pencahayaan ambien.

Imbasnya} warna putih bisa tampak kekuningan atau kebiruan pada foto diperbandingkan dengan gambar aktual yang dilihat oleh mata telanjang.

17. Tombol Zoom in Zoom Out
Jika pada kamera digital umum tombol ini berfungsi untuk memperbesar atau memperdekat obyek yang kan kita ambil gambarnya, melainkan pada kamera SLR dan DSLR kedua tombol ini memiliki fungsi yang berbeda.

Kedua tombol ini memang konsisten berfungsi untuk memperbesar, tetapi cuma memperbesar gambar yang sudah kita selesai ambil dan timbul pada LCD.

18. Tombol Life View
Tombol ini berfungsi untuk membidik gambar melewati Layar LCD, jadi anda bisa mengerjakan pembidikan gambar dalam dua cara adalah melalui finder atau melalui layar LCD.

19. Tombol Menu dan Isu
Pada tombol menu dan informasi, tergantung dari merk kamera yang anda miliki. tetapi lazimnya tombol in berfungsi untuk pengaturan dan berita gambar yang telah anda ambil.

20. Tombol Preview
Tombol yang berfungsi untuk mengamati hasil jepretan anda, atau dapat juga dikatan tombol yang berfungsi dikala anda berkeinginan masuk ke galeri penyimpanan foto dan video yang sudah anda abadikan.

21. Tombol Hapus
Tombol ini berfungsi untuk menghapus gambar yang sudah anda ambil, jikalau terdapat kekeliruan dalam pengambilan gambar.

Itu dia tadi beberapa tombol dasar beserta fungsinya. Semoga informasi tadi bisa membantu anda. untuk mengamati isu menarik lainnya anda bisa melihatnya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *